Minggu, 27 Februari 2011

Internet Protocol (IP)

IP adalah protocol standar dengan STD nomor 5. Standarnya juga termasuk ICMP (internet control message protocol) dan IGMP (internet group management protocol).
Spesifikasi IP terdapat dalam RFC 950, RFC 919, RFC 922, RFC 3260 dan RFC 3168.
Protokol IP, adalah aturan tersembunyi, pada layer physical dengan membuat sebuah virtual network. Protocol ini bersifat connectionless yang artinya semua tergantung pada koneksi jaringan.
Salah satu alasan menggunakan protocol yang bersifat connectionless adalah untuk meminimze kerja yang sangat berat dari sebuah computer centre yang terhubung pada suatu connection-oriented network.

IP addressing
Alamat IP direpresentasikan oleh 32 bit unsigned biner. Ini biasanya dituliskan dengan format . (dot). Contoh 9.167.5.8. IP ini dapat di mapping kan dengan sebuah nama, sebagai sebuah symbol nama yang mudah untuk dibaca, seperti wisnuandzaskia.com, yang dilakukan menggunaka domain name system.

IP address
Alamat IP standar dijelaskan dalam RFC 1166. untuk menidentifikasi sebuah host di internet, masing-masing host ditandai dengan sebuah alamat, alamat IP, atau dalam beberapa kasus alamat Internet. Ketika sebuah host terhunbung dengan lebih dari satu network, ini disebut dengan multihomed dan mempunyai alamat IP untuk masing-masing network. Nomor IP terdiri dari sepasang nomor , yaitu :
IP address =
Alamat IP mengidentifikasi sebuah interface dapat menerima atau mengirim IP datagram. IP datagram adalah paket basis data yang dikirimkan antar host. IP datagram mengandung alamat IP asal dan alamat IP tujuan. Untuk mengirim datagram sehingga diperoleh IP tujuan, dibutuhkan transmisi dalam jairngan atau mapped ke alamat fisik.
Pembagian nomor jaringan dari sebuah IP diatur oleh salah satu dari tiga regional internet register (RIR):
- American Registry for Internet Number (ARIN),
- Reseaux IP Europeans (RIPE)
- Asia Pacific Network Information Centre (APNIC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar