Senin, 28 Februari 2011

Jaringan Wirelles

Jaringan Wireless adalah jaringan tanpa kabel yang artinya proses penyampaian data dilakukan melalui udara dengan memamfaatkan gelombang elektromagnetik. Karena menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi datanya, maka komponen wireless yang akan Anda gunakan harus memiliki standart frekuensi yang sama. Sehingga walaupun berbeda vendor pembuatnya komponen wireless tersebut tetap dapat berkomunikasi asalkan menggunakan standar frekuensi yang sama. Standarisasi Jaringan Wireless didefinisikan oleh IEEE (institute of Electrical and Electronics Engineers) Adapun Standarisasi tersebut adalah :



Standarisasai Jaringan Wiriless :

  • IEE 802.11 Legacy yaitu standart jaringan wireless pertama yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan transfer data maksimum 2 Mbps.
  • IEE 802.11b yaitu standart jaringan wireless yang masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan trasfer datanya mencapai 11 Mbps dan jangkau sinyal sampai dengan 30 m.
  • IEE 802.11a yaitu standart jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 5 GHz dengan kecepatan transfer datanya mencapai 58 Mbps.
  • IEE 802.11g yaitu standart jaringan wireless yang merupakan gabungan dari standart 802.11b yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz namun kecepatan transfer datanya bisa mencapai 54 Mbps.
  • IEE 802.11n yaitu standart jaringan wireless masa depan yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dan dikabarkan kecepatan transfer datanya mencapai 100-200 Mbps.

Topologi Mesh

Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports).

Berdasarkan pemahaman di atas, dapat dicontohkan bahwa apabila sebanyak 5 (lima) komputer akan dihubungkan dalam bentuk topologi mesh maka agar seluruh koneksi antar komputer dapat berfungsi optimal, diperlukan kabel koneksi sebanyak 5(5-1)/2 = 10 kabel koneksi, dan masing-masing komputer harus memiliki port I/O sebanyak 5-1 = 4 port (lihat gambar).

Dengan bentuk hubungan seperti itu, topologi mesh memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

* Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
* Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
* Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
* Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

Meskipun demikian, topologi mesh bukannya tanpa kekurangan. Beberapa kekurangan yang dapat dicatat yaitu:

* Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
* Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini membutuhkan biaya yang relatif mahal.
* Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
* Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, topologi mesh biasanya diimplementasikan pada komputer-komputer utama dimana masing-masing komputer utama tersebut membentuk jaringan tersendiri dengan topologi yang berbeda (hybrid network).

lalui Jaringan WIFI

Kini jaringan tanpa kabel merupakan sebuah alternatif yang paling banyak diminati, kini banyak instansi-instansi yang menggunakan Wireless-LAN sebagai sistem dasar untuk membangun network yang mereka miliki. Wireless-LAN atu jaringan tanpa kabel sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan jaringan menggunakan kabel. Konsep yang paling dasar dari struktur jaringan ini adalah sama-sama menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam sebuah jaringan yang sejajar / bertingkat.

Wifi Router adalah perangkat dasar yang harus ada jika kita akan membangun sebuah jaringan berbasis Wierless. Sebuah Wireless Router yang fungsi sebagai Spot atau titik koneksi yang secara mudahnya disebut dengan Terminal.

Seperti yang telah saya sampaikan bahwa konsep dasar jaringan wifi ini tidak jauh beda dengan konsep jaringan dengan menggunakan kabel. Namun dalam jaringan Wifi mengubah perangkat koneksinya dari Kabel menjadi Gelombang (Wireless).

Secara struktur jaringan Wifi menguhubungkan 2 komputer atau lebih dengan media Wireless, dan ini tidak jauh berbeda dengan jaringan kabel yang mengubungkan 2 komputer atau lebih dengan media kabel.




Keuntungan dari jaringan Wifi

1. Menghemat biaya pemasangan kabel
2. fleksibel dan kompatible untuk perangkat-perangkat mobile
3. Mampu menampung banyak Client, dimana 1 router mampu menampung 200 client
4. mudah terkoneksi dengan network
5. operasional dan pengaturan yang lebih mudah
6. Dukungan penuh dari sistem operasi yang telah ada

Kekurangan Jaringan Wifi

1. kecepatan tergantung dari posisi pengguna
2. kecepatan tergantung pada kualitas Perangkat Wifi dan jumlah pengguna yang sedang On-Line
3. tingkat terjadinya kegagalan koneksi lebih besar
4. karena sifatnya umum maka rawan terhadap serangan HACKER BLACK HAT
5. kekuatan sinyal terbatas

Dengan kondisi yang ada sebenarnya network dengan dukungan Wifi akan sangat tepat digunakan untuk tempat-tempat publik yang memiliki aktifitas publik yang mobile sehingga akan sangat fleksibel dan tepat guna. Pastikan system yang anda buat adalah yang sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Melalui GPRS

- Kelebihan : Perkembangan teknologi pita lebar bergerak menguntungkan baik untuk dunia bisnis, pemerintahan maupun perorangan, karena semakin baru teknologinya semakin besar data yang dapat dikirimkan dalam waktu yang lebih singkat. Jenis data yang dapat dikirimkan juga menjadi lebih beragam, tidak hanya huruf dan angka, tetapi juga gambar diam, gambar bergerak, dan suara.
- Kekurangan : Kekurangan: Disamping harganya lebih mahal, perlu diperhatikan aspek keamanannya dan aspek etika di dalam penggunaan teknologi yang baru. Peran ITU sangat penting di sini.Penyedia jasa layanan pita lebar bergerak harus membangun jaringan baru yang memerlukan investasi yang sangat besar.
- Kecepatan : 115 kbps

oneksi Melalui Jaringan LAN (Local Area Network)

-Kelebihan :
a. LAN membolehkan pengguna mengkongsikan sumber komputer dan perisian. Sekiranya sesuatu sumber rosak, pengguna juga dapat mencapai sumber yang lain yang mungkin terdapat pada komputer lain dalam LAN tersebut.
b. kebanyakan komponen dalam sesuatu LAN dapat diubah dan diperbaiki secara berasingan, memudahkan perubahan LAN tersebut.
c. biasanya, kadar penghantaran data melalui LAN adalah lebih tinggi dan ralat yang dialami adalah rendah berbanding dengan sistem WAN.
d. data boleh disimpan pada komputer yang berlainan tetapi masih dapat dicapai secara pantas daripada mesin berlainan.
-Kekurangan :
Sistem komputer yang mempunyai fungsi LAN adalah lebih mahal berbanding dengan sistem berasingan. Pengurusan dan pemeliharaan sistem LAN juga memerlukan sumber manusia. Sistem yang dikongsi juga mestilah dapat menampung tahap kegunaan daripada berbilang pengguna pada LAN tersebut.

Koneksi Melalui Teknologi ADSL


- Kelebihan :
a. dapat dikirimkan melalui jalur telepon biasa tanpa harus mengganggu pelayanan telepon
b. pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data,sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
c. bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan Internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga kita dapat berInternet tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.
- Kekurangan :
d. Jarak sangat berpengaruh terhadap kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon kita dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses Internetnya.
f. Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL. Misalnya Mac. Cara yang dipakai pun akan lebih rumit dan ada kemungkinan memakan waktu lama. Sehingga pengguna Linux harus menggantinya dengan software yang lebih umum seperti Windows Xp atau Linux.
g. Adanya load coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas. Sayangnya load coils menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasa digunakan DSL. Sehingga mengakibatkan terjadinya interferensi dan ketidak cocokkan jalur untuk ADSL.
h. Adanya Bridged tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO. Bridged tap ini dapat menimbulkan noise yang mengganggu kinerja DSL.
i. Penggunaan fiber optic pada saluran telepon digital yang dipakai saat ini. Di mana penggunaan fiber optic ini tidak sesuai dengan sistem ADSL yang masih menggunakan saluran analog yaitu kabel tembaga, sehingga akan sulit dalam pengiriman sinyal melalui fiber optic.
j. Kecepatan koneksi modem ADSL masih tergantung dengan jarak tiang Telkom atau DSLAM terdekat, artinya jika jarak modem ADSLdengan DSLAM jauh maka kecepatan koneksi akan menurun karena banyaknya hambatan medium yang dilaluinya dan sebaliknya jika jaraknya dekat, koneksinya akan mencapai kecepatan yang diharapkan.
- Kecepatan : tergantung jaraknya

Browsing Atau Surfing

adalah sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : www.detik.com, www.rotten. com, www.invir.com, www.puspendik.com, www.plasa.com, www.geocities.com, www.yahoo.com
Browsing artinya membaca pencarian data pada jaringan (network) khususnya internet. Untuk dapat mencari-cari dan menampilkan data tersebut diperlukan sebuah program yang disebut sebagai browser. Setidaknya ada 5browser yang digunakan luas oleh netter (pengguna internet), yakni : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Chrome, Safari, dan Opera.
Pengertian browsing menurut total.or.id adalah berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar. Sedang di wikipedia berbahasa indonesia saya tak dapat menemukan pengertian istilah tersebut. Jadi saya coba mencarinya di yahoo! answer dan menemukan browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Atau dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari Fasilitas/Layanan Pada Internet

Minggu, 27 Februari 2011

Pengertian Data Dan Informasi

Pada saat ini kegiatan Data Processing sudah semakin luas, baik yang
berorientasi kepada ilmu pengetahuan, komersil/bisnis maupun kegiatan
pemerintahan, sehingga data yang diolahpun akan bermacam-macam sesuai dengan
bidang pekerjaan tersebut.
Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut
merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan
lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau
hasil proses dari data tersebut. Proses perubahan dari data menjadi
informasi merupakan

DATA

- PENGOLAHAN
- INFORMASI
fungsi utama dari pengolahan data. Cara pengolahan data menjadi informasi
tersebut bisa bermacam-macam misalnya secara manual (sempoa), mekanis
(register), elektris (kalkulator) dan elektronik (komputer).

Kegunaan Dan Manfaat E-mail

Pada zaman sekarang ini, memiliki sebuah akun email adalah sesuatu yang sangat lumrah dan sewajarnya. Dengan teknologi jejaring informasi yang sudah berkembang pesat, mempunyai email merupakan sebuah cara manusia beradaptasi mengikuti perubahan zaman.

Selain untuk mengikuti perkembangan zaman, kepemilikan sebuah akun email memiliki sejumlah kegunaan penting lain. Berikut adalah beberapa manfaat mengapa seseorang disarankan untuk mempunyai email.

* Perkembangan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Myspace.

Mungkin ini adalah alasan utama bagi para remaja untuk mempunyai akun email sekarang ini. Dunia jejaring sosial yang mewabah membuat mereka ikut-ikutan untuk memasuki dunia jejaring sosial. Untuk masuk ke dalam dunia tersebut, mereka membutuhkan sebuah akun email sebagai syarat registrasi yang penting.

* Akses ke dunia ilmu pendidikan yang lebih luas.

Bagi para pelajar dan ilmuwan, mempunyai akun email membuat mereka mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan berbagai macam ilmu yang mereka butuhkan. Jurnal-jurnal dan referensi ilmiah yang tersedia luas di dunia internet dapat dengan mudah bisa kita dapatkan. Uuntuk mendapatkan semuanya itu, kita memerlukan akun email untuk proses registrasi.

* Akses langsung yang lebih cepat ke dalam dunia kerja.

Para pencari kerja yang sedang mencari lowongan dapat menggunakan email sebagai sarana komunikasi dengan perusahaan tujuan. Penggunaan email bahkan lebih efisien karena menghemat biaya transportasi dan tenaga dan bahkan. Pengiriman curriculum vitae dan surat lamaran kerja dapat dengan mudah dilakukan melalui email, sebelum proses wawancara tatap muka dilakukan.

* Mendapatkan lebih banyak calon pembeli.

Seorang penjual atau agen pemasaran yang handal perlu memanfaatkan segala cara untuk bisa mendapatkan seorang pelanggan. Penggunaan email dalam pemasaran langsung (direct marketing) merupakan sebuah cara efektif yang dapat membantu pemasaran produk perusahaan Anda secara lebih luas dan tepat.

Selain empat hal di atas, masih terdapat lebih banyak lagi manfaat email yang kegunaannya dapat berbeda-beda bagi setiap individu. Satu hal yang patut dicermati adalah, email penting dalam proses pertukaran informasi.

Bagian-bagian Microsoft power Point


Berikut ini penjelasan masing-masing bagian diatas

1. Title bar : nama file yang sedang kita kerjakan akan muncul disini
2. Outline tab : untuk melihat outline dari masing-masing slide
3. Slide tab : untuk melihat thumbnail (slide kecil) dari keseluruhan slide dan berpindah ke slide yang kita tuju. Anda bisa melakukan scroll ke bawah bila slide banyak.
4. Menu bar : tempat menu-menu dimana terdapat perintah-perintah Powerpoint
5. Slide Pane : bidang kerja MS Powerpoint
6. Task Pane : Menunjukkan apa saja file yang baru saja dibuka, dibuat, dan disimpan serta link ke template maupun resource lainnya.
7. Tombol View : untuk merubah tampilan, mulai dari normal, slide sorter, maupun slide show. Secara detail akan dijelaskan di bawah ini
8. Toolbar Drawing : untuk menggambar secara manual gambar-gambar sederhana seperti bentuk-bentuk geometri, panah, memberi efek, menyisipkan gambar dan sebagainya.

Menggunakan Toolbar Powerpoint

Toolbar adalah tombol dan pilihan yang Anda gunakan untuk melakukan suatu perintah. Toolbar terletak di bagian atas layar dan dapat terdiri dari tombol, menu atau gabungan dari keduanya.




Toolbar dapat ditempatkan berdekatan satu dengan yang lain pada baris yang sama, juga bisa ditempatkan pada baris yang berbeda. Ketika anda meletakan beberapa toolbar pada baris yang sama, mungkin tidak akan tersedia cukup ruang untuk menampilkan seluruh tombol. Jika tidak tersedia ruang, maka yang akan ditampilkan adalah tombol yang terakhir anda gunakan.

Anda dapat mengatur toolbar dan menampilkan seluruh tombol pada suatu toolbar.

Untuk melihat tombol yang tidak termuat pada toolbar, Klik Toolbar Option atau
yang terdapat dibagian akhir toolbar.

Secara otomatis, biasanya pada saat Anda mengaktifkan Ms. Power Point, toolbar yang aktif adalah tool bar Standard, Formating dan Drawing, tetapi Anda dapat menambah dan mengurangi Toolbar tersebut sesuai dengan kebutuhan. Cara untuk menambah dan mengurangi toolbar adalah sebagai berikut:

Cara pertama adalah dengan mengklik kanan bagian kosong pada toolbar sehingga muncul gambar disamping. Selanjutnya anda dapat mengklik salah satu toolbar untuk mengaktifkan atau menghilangkan.

Cara kedua adalah dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

a. Klik Menu View

b. Sorot Toolbars

c. Setelah muncul pilihan toolbar, klik menu yang akan ditampilkan atau dihilangkan. Tanda Checklist menandakan toolbar telah aktif.

Menutup Powerpoint

Jika Anda sudah menyelesaikan dokumen presentasi, Anda dapat menutup dokumen tersebut dengan cara sebagai berikut :

1. Klik menu File

2. Klik Close

Namun jika Anda lupa menyimpan perubahan pada dokumen presentasi Anda sebelum menutupnya, maka Power Point akan menampilkan pilihan sebagai berikut :




Untuk mengakhiri Ms. Power Point XP secara keseluruhan Anda dapat melakukan salah satu hal berikut :

* Klik File Menu dan kemudian klik Exit
* Klik tombol Close
disudut kanan atas Ms. Power Point.
* Tekan tombol keyboard Alt+F4

Materi Kelas 9 : ISP di Indonesia

* 3GNet → Situs web
* AudiaNet → Situs web
* BENINGNET → Situs web
* BiGnet → Situs web
* BITNET → Situs web
* BIZNET → Situs web
* BUMINET → Situs web
* CABINET → Situs web
* CBN → Situs web
* CENTRIN → Situs web
* CENTROTECH → Situs web
* Central Online (CLINE) → Situs web
* Channel-11.Net → Situs web
* CROSS NETWORK INDONESIA → Situs web
* CYBERNET → Situs web
* DigiNet → Situs web
* DNET → Situs web
* ELGANET → Situs web
* ELNUSNET → Situs web
* ERESHA.NET.ID → Situs web
* GIGA.NET.ID → Situs web
* GLOBALPORT → Situs web
* IPTK - EZ.Net → Situs web
* IDOLA → Situs web
* IndikaNet → Situs web
* INDONET → Situs web
* INDOSAT → Situs web
* JAPnet → Situs web
* JASATEL → Situs web
* LINKNET → Situs web
* MEGANET → Situs web
* MELSA → Situs web
* MITRANET → Situs web
* MNETwireless → Situs web
* ORION / Orion Cyber Internet → Situs web
* PRIM@NET → Situs web
* Pes@tNet → Situs web
* PACIFICNET → Situs web
* QUASAR → Situs web
* RADNET → Situs web
* RAJASA → Situs web
* Sistelindo → Situs web
* Speedy → Situs web]
* TELKOMNET → Situs web
* UBNET → Situs web
* UIINET → Situs web
* UNINET → Situs web
* VIPNET → Situs web
* VISIONNET → Situs web
* WASANTARA → Situs web
* LINTASWAVE → Situs web
* SMARTLINK GLOBAL MEDIA → Situs web
* FIRSTMEDIA → Situs web
* TELEMEDIA NUSANTARA → Situs web
* TABINA NETWORK → Situs Web
* KOETARADJA NET → Situs Web

Sistem Operasi



DOS – Disk Operating System, sistem operasi yang berbasis CLI (command line interface) dan bersifat single user.
UNIX – dikembangkan oleh 4 orang ahli di laboratorium Bell Amerika serikat. Awalnya berbasis CLI, namun sudah bersifat multi user. Kelebihannya adalah stabil, dan memiliki tingkat keamanan data yang baik. Kelemahannya, hanya bisa digunakan oleh komputer mainframe.
Windows – software buatan Microsoft corporation milik Bill Gates. Sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) ini awalnya masih bersifat single user, namun sekarang sudah multiuser, dengan sistem keamanan yang cukup baik. Sangat populer, namun karena berlisensi komersil maka banyak dibajak oleh pengguna komputer.
Linux – sistem operasi turunan dari UNIX. Program inti dibuat/diprakarsai oleh Linus Benedict Torvalds, mahasiswa Universitas Finlandia tahun 1990-an. Linux merupakan UNIX yang dapat bekerja pada komputer pribadi, bahkan komputer mainframe. Bersifat Open source Karena dikembangkan oleh komunitas programer di banyak penjuru dunia.
Solaris – sistem operasi buatan SUN Microsystem.
Symbian - sistem operasi yang banyak digunakan pada telepon genggam.

Sekedar wawasan:
CLI berarti setiap perintah dan data harus dituliskan menggunakan keyboard.
GUI berarti data dan perintah dapat dimasukkan melalui tampilan grafis / gambar.
Single user berarti pengguna komputer dianggap satu orang karena tidak ada nama pengguna yang terdaftar pada komputer.
Multi user berarti pada komputer sudah terdaftar nama-nama pemakai berikut kata sandinya. Hal ini untuk menjamin kemanan data.
Lisensi komersil / propitary ware, artinya untuk menggunakan sofware dengan lisensi tersebut harus membayar kepada pembuat.
Lisensi Shareware. Suatu softare ditawarkan secara gratis terbatas pada fitur-fitur tertentu atau jangka waktu pemakaian tertentu. Selebihnya harus membeli pada pihak pembuat.
Lisensi freeware. Suatu software boleh digunakan tanpa perlu membayar kepada pihak pembuat.
Open Source berarti kode program suatu software boleh diambil/diketahui oleh siapapun baik untuk kepentingan sendiri ataupun kelompok untuk diperbaiki atau disempurnakan, bahkan dijual, tanpa membayar lisensi kepada pihak pemakai.

Protocol Informasi

Pada TCP/IP terdapat beberapa protokol sub yang menangani masalah komunikasi antar komputer. TCP/IP merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis, diantaranya adalah :

* 1. Protokol lapisan aplikasi : bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dan masih banyak protokol lainnya. Dalam beberapa implementasi stack protokol, seperti halnya Microsoft TCP/IP, protokol-protokol lapisan aplikasi berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau NetBIOS over TCP/IP (NetBT).

* 2. Protokol lapisan antar-host : berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

* 3. Protokol lapisan internetwork : bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).

* 4. Protokol lapisan antarmuka jaringan : bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).

Beberapa protocol utama yang tergabung dalam TCP/IP internetwork layer. Layer ini terdiri dari :
- internet protocol (IP)
- internet control message protocol (ICMP)
- address resolution protocol (ARP)
- dynamic host configuration protocol (DHCP)
protocol ini mendukung datagram addressing, routing and delivery, dynamic address configuration, dan resolve antara internetnetwork layer addresses dan network interface layer address

Internet Protocol (IP)

IP adalah protocol standar dengan STD nomor 5. Standarnya juga termasuk ICMP (internet control message protocol) dan IGMP (internet group management protocol).
Spesifikasi IP terdapat dalam RFC 950, RFC 919, RFC 922, RFC 3260 dan RFC 3168.
Protokol IP, adalah aturan tersembunyi, pada layer physical dengan membuat sebuah virtual network. Protocol ini bersifat connectionless yang artinya semua tergantung pada koneksi jaringan.
Salah satu alasan menggunakan protocol yang bersifat connectionless adalah untuk meminimze kerja yang sangat berat dari sebuah computer centre yang terhubung pada suatu connection-oriented network.

IP addressing
Alamat IP direpresentasikan oleh 32 bit unsigned biner. Ini biasanya dituliskan dengan format . (dot). Contoh 9.167.5.8. IP ini dapat di mapping kan dengan sebuah nama, sebagai sebuah symbol nama yang mudah untuk dibaca, seperti wisnuandzaskia.com, yang dilakukan menggunaka domain name system.

IP address
Alamat IP standar dijelaskan dalam RFC 1166. untuk menidentifikasi sebuah host di internet, masing-masing host ditandai dengan sebuah alamat, alamat IP, atau dalam beberapa kasus alamat Internet. Ketika sebuah host terhunbung dengan lebih dari satu network, ini disebut dengan multihomed dan mempunyai alamat IP untuk masing-masing network. Nomor IP terdiri dari sepasang nomor , yaitu :
IP address =
Alamat IP mengidentifikasi sebuah interface dapat menerima atau mengirim IP datagram. IP datagram adalah paket basis data yang dikirimkan antar host. IP datagram mengandung alamat IP asal dan alamat IP tujuan. Untuk mengirim datagram sehingga diperoleh IP tujuan, dibutuhkan transmisi dalam jairngan atau mapped ke alamat fisik.
Pembagian nomor jaringan dari sebuah IP diatur oleh salah satu dari tiga regional internet register (RIR):
- American Registry for Internet Number (ARIN),
- Reseaux IP Europeans (RIPE)
- Asia Pacific Network Information Centre (APNIC)

Pengertian Mailing list

1. Mailing List (juga dikenal dengan sebutan milis) adalah sebuah komunitas maya di Internet yang merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Untuk menjadi anggota sebuah mailing list, seseorang harus mendaftarkan alamat email yang dimilikinya ke dalam mailing list tersebut.
2. Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.

Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin mereply mailnya, mengirim mail baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.

Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar.
Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM'S) atau Mail Servers.

Memulai MS POWERPOINT

Terdapat 2 cara cepat untuk memulai powerpoint

* Melalui Icon pada Desktop Windows.

Pengaktifan ini bisa dilakukan apabila pada desktop windows Anda sudah terdapat Icon Microsoft Power Point. Pengaktifan dilakukan dengan melakukan Double Click pada icon Power Point.

* Pengaktifan yang kedua dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Klik tombol Start pada task bar di desktop
b. Klik menu All Programs/ MS OFFICE dan kemudian klik Microsoft Office PowerPoint 2007




Penginstalan Modem

Berbagai cara para teknisi komputer ada yang susah mengatasi hal yang satu ini,di antara salah satunya produk usb modem Venus VT series baik CDMA 1X maupun CDMA 1X With EVDO, mari kita bahas secara detail mengenai masalah tersebut.

Pada awal nya berbagai modem suport untuk semua windows seperti VISTA, XP, 2000, tapi di sini kita akan membahas sebuah produk usb modem di mana diantara kita banyak yang belum bisa,dan dalam hal ini kita ambil contoh sebuah modem Venus VT 18 EVDO yang katanya mereka mencoba bolak balik di salah satu windows yaitu windows baru di 2010 windows 7 namun hasilnya ''0'' nol...

Langsung saja kita ambil contoh cara instal Usb Modem Venus VT 18 EVDO

Kita lihat spesifikasinya :
* EVDO Rev A network with wireles internet fungtion
* High Speed up to 3,1 Mbps
* Plug @ Play USB support
* Adopting American Qualcomm's 6085 chips
* Suport Ruim
* Support Operating System Windows Vista, XP, 2000

dari spesifikasi di atas di sebutkan bahwa Support Operating System Windows Vista, XP, 2000 kenapa windows 7 tidak di tuliskan?? itu lah yang harus kita bahas dalam hal ini.


1. Saat Penginstalan pertama yang terpenting adalah mengistal chipsetnya dulu yaitu ketika saat instal pertama kali yang muncul adalah mengenalli driver chipset karna di windows 7 sudah plug and play kita dak perlu susah susah mencari drivernya. secara otomatis perangkat tersebut akan di kenal oleh win 7.

lihat gambar di atas proses pertama usb modem di tancapkan secara plug and play.


2. kita lihat apakah keterangan no.1 di atas perangkat di kenali windows atau tidak. dengan cara kita buka

- klick Start pilih menu Computer kita klick kanan mouse langsung dengan memilih menu

Properties maka yang keluar adalah Tab System

- di tab System kita klick Device Manager

gambar nya

Di bagian gambar berlingkaran merah itu tugas kita yang pertama yaitu pengenalan hardware baru.jika sudah di kenal seperti di atas layak kita sebaiknya me-Restart PC/LAPTOP kita. Maka tahap pertama sukses. seperti pada gambar di atas


""Ingat !!! pada saat kita restart sebaiknya modem kita cabut dari USB nya Menandakan persiapan untuk instal Software modem nya di tahap yang ke 3 .

3. Penginstalan Software USB Modem Venus VT 18

- Dari tahap yang pertama kita telah sukses maka di tahap kedua kita instal software nya dengan cara setelah PC/ Laptop keadaan windows normal atau siap kita tancapkan Modem Venusnya du USB yag tadi nya kita cabut, Ingat !!! di usb pertama kita instal driver hardwarenya jadi tidak boleh di pindah port usb."
- Setalah kita tancapkan Modem maka kita siap untuk menginstalasi softwarenya

maka di desktop kita tunggu hingga muncul autorun software modem tersebut

Gambar 1



Click this bar to view the full image.


proses pertama saat kita instal
gambar 2
Click this bar to view the full image.


Sedikit yang harus kita perhatikan di gambar yang ke 2 di atas

Bahwa Usb Modem tersebut hanya suport di OS Vista, XP, 2000 Maka di windows 7 kemungkinan driver kurang begitu di perhatikan oleh Win 7, Maka dari itu kita harus memahaminya di Gambar 2 di atas kita haruslah memilih "Instal this driver software anyway" ( kemungkinan akan keluar seperti pada gambar sebanyak 2 - 3 kali dan kita tetap memilih "Instal this driver software anyway" dengan cara ini maka penginstalan driver modem kita akan berlanjut tetapi proses instalnya tidak terlihat.


maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Gambar 3
Click this bar to view the full image.

Gambar 3 di atas menandakan Proses Pengistalan USB Modem Venus VT 18 telah selesai dan siap di pergunakan.


untuk memastikan nya apakah sudah terinstal dengan benar to belum kita dapat cek device manager dengan cara : seperti perintah no 2 di atas


- Klick Start pilih menu Computer kita klick kanan mouse langsung dengan memilih menu

Properties maka yang keluar adalah Tab System

- di tab System kita klick Device Manager



Pada Tab Modem dan Port yang di lingkari bahwa modem sudah jelas terinstal dengan benar..

Cara Menghubungkan Komputer Dengan Jaringan Internet

1.      Melalu Jaringan

Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan yang besar dapat digunakan jaringan yang lebih kecil yaitu LAN.cara penghubung komputer dengan internet melalui jaringan biasa digunakan untuk melayani pemakaian dengan jumlah yang banyak.contoh warnet,kampus,sekolah,perusahaan negeri maupun swasta dan lai-lain.
Sistem penghubung dengan jaringan adalah dengan menggunakan komputer sebagai server yang dihubungkan dengan penyedia  jasa layanan internet melalui telpon baik kabel maupun non kabel.Sistem jaringan ini memiliki keuntungan bahwa  biaya akses yang ditanggung akan lebih murah,karena biaya akses akan terbagi oleh banyaknya pemakai.

2.  Melalui saluran telepon langsung

Sistem sambungan yang lain adalah dengan dial up langsung,di mana modem langsung dihubungkan dengan jaringan telpon yang menghubungkan dengan jaringan internet. Kelebihan akses ini adalah memiliki jaringan yang luas.sedangkan kekurangannya adalah biaya akses yang relatif tinggi.

3.  Melalui GPRS

GPRS adalah singkatan dari General Pocket Radio Service.Jaringan ini merupakan gelombang radio sebagai penghubung Komputer dengan jaringan internet.dengan menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet.dengan mengunakan gelombang radio maka akses dengan GPRS ini memiliki kelebihan yaitu akses dapat dilaksanakan walupun alat komunikasi atau user bergerak.dalam penghitungan biaya akses didasarkan banyaknya data yang diakses tanpa dibatasi lamanya waktu akses.dan untuk dapat mengakses melalui GPRS hanya dilakukan komputer dan  telepon seluler yang dilengkapi fasilitas GPRS.Kekurangan dari GPRS    adalah untuk mendapatkan koneksi internet,kita harus melalukan setting tertentu pada ponsel,padahal setiap merk handphone dan operator seluler memilki cara tersendiri untuk mengaktifkan GPRS.

4.  Melalui WiFi (Wireless Fidelty)

WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang mengunkan gelombang dengan frekuensi yang      tinggi(2.4GHz).untuk menggunakan WiFi kita harus memiliki notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi.Kelebihan WiFi adalah memliki kecepata akses yang tinggi yaitu 11Mbps.Sedangkan kekurangan dari WiFi adalah pemakaian harus berada pada daerah yang memiliki sinyal WiFi (Daerah Hot Spot)





5.  Menggunakan TV Kabel

Kelebihan dari penggunaan jaringan TV kabel untuk akses internet adalah kita dapat melakukan akses internet setiap saat tanpa ada gangguan sepenuhnya jaringan telepon
Syarat aksess internet melalui TV kabel antara lain:

a.      Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang memiliki layanan internet
b.      Perangkat komputer standar yang dilengkapi dengan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya yang mendukung akses internet.
c.       Menggunakan modem khusus yang dirancang untuk TV kabel.

Apa Itu Internet Dan Sejarahnya

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung secara global yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi/data melalui jaringan tersebut. Internet adalah sistem komunikasi data berskala global, suatu infrastruktur yang terdiri dari hardware dan software yang menghubungkan komputer yang berada di jaringannya.
So, internet berbicara mengenai jaringan komputer yang terhubung dan saling berinteraksi satu sama lain dalam skala global.

Awal Mula Internet (Sejarah Internet versi singkat)

Ada banyak sekali poin penting dalam sejarah perkembangan internet. Namun pada kesempatan ini saya akan menyederhanakannya menjadi 5 milestone penting dahulu saja, berdasarkan apa yang telah di beritakan oleh CNET Australia. Milestone versi yang lebih kompleks akan saya terbitkan di tulisan selanjutnya :)
Kemunculan internet dimulai pada 1966, oleh ARPA (Advanced Research Project Agency – Salah satu divisi di departemen pertahanan U.S.) dengan ide yang sangat simpel: membuat jaringan komputer militer yang mampu bertukar data dari tempat yang jauh.
Di tahun 1969, ARPA dengan ARPANET-nya berhasil menghubungkan dua komputer di University of California, Los Angeles dan SRI International di Menlo Park, California. Hal ini lah yang menjadi salah satu embrio kelahiran internet.
Di tahun 1974, TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) diperkenalkan dan menjadi sangat populer serta diterima di tahun 80-an. TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan untuk proses tukar-menukar data dalam jaringan internet. Sederhananya, TCP/IP adalah protokol/aturan yang digunakan bersama dalam mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet.
TCP/IP menggunakan skema pengalamatan yang disebut IP Adress. Satu skema yang memberikan satu alamat kepada satu mesin komputer, yang membuat data yang disimpan di dalamnya dapat diakses oleh komputer lain. Contoh IP Address: 205.116.008.044. Untuk lebih memahami tentang IP Adress, anda bisa artikel mengenai ip address di wikipedia
Pada Oktober 1984, sistem domain name (.com, .org, .gov, .edu, etc) diperkenalkan. Domain name adalah satu cara untuk membuat internet menjadi lebih mudah untuk di jelajahi. Sederhananya begini: Teknologi TCP/IP memberikan satu IP address untuk setiap komputer yang membuatnya dapat diakses oleh komputer lain. IP address ini terdiri dari beberapa deret angka, contohnya: 192.12.12.98 . Nah, domain name adalah satu usaha untuk membuat internet menjadi lebih manusiawi dengan cara menjadikan domain name sebagai “alias” dari IP address. Lebih mudah mengetikkan bloggingly.com daripada 192.12.12.98 kan? ;)
Juni 1987, format gambar gif ditemukan. GIF, atau graphic interchange format adalah salah satu format gambar digital yang relatif lebih efisien (karena ukurannya yang lebih kecil) daripada format gambar lain (misalnya, .JPEG) yang segera membuat internet menjadi lebih berwarna dengan berbagai gambar dalam format .gif.
November 1990, format World Wide Web atau www diperkenalkan oleh Tim Barners Lee, seorang karyawan CERN (Organisasi gabungan negara-negara eropa yang meneliti teknologi nuklir. Sudah baca Deception Point, novel karangan Dan Brown?).
Well, ini hal yang penting namun seringkali pemahaman kita kurang tepat: internet dan world wide web adalah dua hal yang berbeda. Internet adalah jaringan komputer yang terhubung dalam skala global, sedangkan world wide web adalah salah satu layanan internet yang berupa jaringan dokumen atau sumberdaya lain seperti audio, video atau gambar yang saling terhubung oleh hyperlink atau URL (Uniform Resource Locator – alamat web dokumen web yang anda ketikkan di address bar browser) yang ditransfer melalui jaringan internet melalui protokol HTTP (hypertext transfer protocol).
Jadi awalnya ada berbagai macam format pertukaran data antar komputer yang eksis di jaringan internet. Sialnya, terkadang antara satu format dengan format yang lain tidak kompatibel. Hal tersebutlah yang mendasari diciptakannya world wide web sebagai platform internet: untuk menyeragamkan format pertukaran data di internet.
FYI, Ada beberapa layanan lain selain world wide web yang “bernaung” di dalam internet: Gopher, E-Mail, IRC, dll.
Kelanjutan dari world wide web? Apa yang tengah anda jelajahi sekarang adalah kelanjutan pengembangan dari world wide web

E-mail

E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :

1. E-mail Berbasis SMTP/POP

E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.

Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.

2. E-Mail Berbasis WEB

E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.

Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail berbasis SMTP/POP

Jaringan Peer to Peer

Jaringan Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.




Cara Mengkoneksikan Jaringan Peer to Peer

1. Menampilkan Icon Local Area Connection

Icon Local Area Network perlu Anda munculkan pada masing-masing komputer untuk memudahkan Anda Mendeteksikan hubungan yang terjadi dengan cara :

a. Klik dua kali icon Local Area Network di pojok kanan bawah monitor Anda.
b. Akan muncul jendela Network Conections


c. Klik kanan icon Local Area Network lalu pilih Properties.

d. Berikutnya akan ditampilkan kotal dialog Local Area Connection Properties seperti terlukis pada gambar di bawah, pastikan tab General dalam kondisi terpilih kemudian beri tanda conteng bagian Show icon notification area when connecced dengan cara mengklik-nya agar bila terjadi hubungan komputer antar komputer icon Local Area Connection akan di munculkan.
e. Klik tombol Ok untuk Mengkhari.

2. Memberi Alamat Pada Masing-Masing Komputer.

Komputer yang berhubungan ke jaringan harus di beri alamat atau tanda pengenal(dalam bahasa jaringan lebih di kenal dengan istilah IP Addres) agar di kenali oleh komputer angota jaringan. Berikut adalah langkah-langkah untuk memberi IP Address pada komputer yang menggunakan operating system Windows XP.

a. Buka lah Jendela Local Area Connection, Properties.

b. Pastikan tab General dalam kondisi terpilih, selanjutnya pada bagian This Connections user the following items klik pilihan Internet Protocol (TCP/IP). Ingat klik tulisannya bukan pada kotak check-nya, setelah itu klik tombol Properties. Lihat pada gambar berikut sebagai ilustrasi nya.
c. Akan muncul jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties. Klik lingkaran pilihan Use the following IP Address setelah itu pada bagian IP Address isi dengan 192.168.1.1 dan pada bagian Subnet mask isi dengan 255.255.255.0 (biasanya muncul secara otomatis). Untuk isian yang lain kosongkan saja. Lihat gambar di bawah, untuk lebi jelas nya.

d. Klik tombol Ok untuk menutup jendela Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik tombol Close untuk menutup jendela Local Area Connection Properties.

Setelah menyelesaikan tahap ini, berikan Ip Addres untuk komputer satunya, tetapi ganti angka paling belakang dengan angka 2, sehingga Anda akan memiliki dua nomor IP Addres yaitu 192.168.1.1 untuk komputer 1 dan 192.168.1.2 untuk komputer 2 Anda. Untuk Subnet mask-nya sama-sama menggunakan 255.255.255.0

3. Menghubungkan Komputer

Berikut nya saat menghubungkan 2 komputer dengan metode peer to peer. Langkah-Langkahnya adalah sebagai berikut :

a. Masukkan ujung kabel yang satu ke lubang konektor RJ-45 pada LAN Card komputer 1 dan ujung lainnya ke LAN Card di komputer 2.

b. Bila sudah, perhatikan pojok kanan bawah kedua monitor komputer Anda, pada icon Local Area Connection akan di perlihatkan proses pencarian keberadaan komputer lain dengan cara mengenali IP Addres masing-masing komputer. Jika berhasil maka tanda silang pada icon Local Area Connection akan hilang.
Selamat Anda telah berhasil membuat koneksi antar dua komputer.

Web Browser

Web Browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog. Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara. Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai hasil output yang informatif.

Browser juga bisa disebut sebagai Jembatan antara pengguna Internet dengan Internet tanpa browser ini mustahil para pengguna internet dapat memanfaat Internet. Dengan menggunakan web browser ini juga, para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai informasi yang terdapat di Internet dengan mudah.

Perkembangan Browser juga turut andil dalam perkembangan Internet, yang dulunya informasi ditampilkan hanya berbentuk Text tetapi sekarang sudah berbentuk gambar, video, dll. Browser yang dipergunakan oleh para pengguna Internet seperti Netscape Navigator, Mozaic, Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera, Google Chrome, Avant Browser dan lain-lain.

Menggunakan Aplikasi IP Scanner

1. Bukalah Aplikasi IP Scanner yang telah di Intall.

IP Scan
2. Kemudian aplikasi IP Scanner ini akan membawa Anda langsung menuju menu utamanya, setelah itu isilah range ip address yang ingin di scanning, pada ilustrasi dibawah ini Penulis menggunakan IP 192.168.2.1 - 192.168.2.255, dan klik scan untuk memulai proses scanning pada ip address ini.

IP Scan
3. Tunggulah beberapa saat untuk proses scanning/pendeteksian ip address ini.

IP Scan
4. Setelah proses scanning selesai, Anda bisa melihat IP Address yang hidup/mati dan juga computer name dari pemakai ip address tersebut.

IP Scan

Menginstall Aplikasi IP Scanner

1. Bukalah Jendela Explorer (Ctril-E) atau tempat File Installan Anda simpan, kemudian klik 2x file install IP Scanner tersebut.

IP Scan
2. Setelah Men-Double Klik Aplikasi tersebut, Proses penginstalan pun di mulai. Pada tahap pertama ini, intaller akan membawa Anda ke License Agreement, untuk hal ini pilih I agree with the above terms and conditions, kemudian klik Next.

IP Scan
3. Selanjutnya Installer akan menanyakan kepada Anda, dimana akan meletakan program instalan tersebut, pada tahap ini biarkan pada defaultnya. Kemudian klik Start.

IP Scan
4. Tahap selanjutnya adalah Proses Penginstalan. Tunggulah beberapa menit sampai proses ini selesai.

IP Scan
5. Setelah proses di atas selesai. Proses Instalasi pun selesai.

Perangkat LUnak Komputer( software )

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.     
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.

Mozila Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai
Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh
Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan
yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.
Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24
November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka
(open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
    Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web
yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang
lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan
client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis
browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di
dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas
tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser
browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama
yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk
mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser
paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah
disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak
Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap
anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen
ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan
malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting.  Microsoft
sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan
dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
 Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai

Nama- nama Domain Negara

1.   au Australia 
2.   br Brazil 
3.   cz Czech Republic 
4.   de Germany (Deutschland) 
5.   dk Denmark 
6.   es Spain (España) 
7.   fr France 
8.   gr Greece 
9.   hk Hong Kong Special administrative region dari People’s Republic of China. 
10. hu Hungary 
11. id Indonesia 
12.it Italy 
13. jp Japan 
14. kp North Korea 
15. kr South Korea 
16. lu Luxembourg 
17. mx Mexico 
18. nl Netherlands 
19. nz New Zealand 
20. om Oman 
21. pt Portugal 
22. qa Qatar 
23. ru Russia 
24. sa Saudi Arabia 
25. th Thailand 
26. tw Taiwan, Republic of China 
27. uk United Kingdom 
28. us United States of America Biasa digunakan oleh U.S. State dan local governments daripada TLD .gov 
29. uy Uruguay 
30. vn Vietnam 
31. ws Samoa tadinya Western Samoa 
32. yu Yugoslavia Kini digunakan untuk Serbia dan Montenegro 
33. za South Africa (Zuid-Afrika)

Penerapan TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam Pendidikan di Indonesia

Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini. 

Unsur Utama Sistem Komunikasi Data

  1. Sumber Data adalah unsur yang bertugas untuk mengirimkan informasi, misalnya terminal komputer. sumber data ini membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi. Sumber pada umum nya dilengkapi dengan transmitter yang berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirimkan menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, antara lain pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital. Contoh dari transmisi adalah modem yaitu perangkat yang bertugas untuk membangkitkan digital bitstream dari PC sebagai sumber data menjadi analog yang dapat dikirimkan melalui jaringan telepon biasa menuju ke tujuan.

  1. Media Transmisi Data merupakan jalur dimana proses pengiriman data dari sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi data yang dapat digunakan jalur transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan, dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik, dan lain-lain. Dalam hal ini berfungsi sebagai jalur informasi untuk sampai pada tujuan nya. Beberapa media transmisi yang digunakan antara lain twisted pair, kabel coaxial, serat optik, dan gelombang elektromagnetik.


  1. Penerima Data adalah alat yang menerima data atau informasi, misalnya pesawat telepon, terminal komputer, dan lain-lain, yang berfungsi menerima data yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi. Penerima merupakan suatu alat yang diebut receiver yang fungsinya untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan menghubungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap dan digunakan oleh penerima. Sebagai contoh modem yang berfungsi sebagai receiver yang menerima sinyal analog yang dikirim melalui kabel telepon dan mengubahnya menjadi suatu bitsream.

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Pada dasarnya MAN merupakan Lan yang beruuran lebih besar. Jaringan ini mempunyai area jaringan yang lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut sebagai jaringan area metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi. Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada seperti LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar.

            Contoh, beberapa bank yang memiliki jaringan komputer disetiap cabangnya dapat berhubungan satu sama lain sehingga setiap nasabahnya dapat melakukan transaksi menyimpan uang dan mengambil uang atau transaksi lainnya dicabang mana pun dalam provinsi yang sama. MAN biasanya menggunakan nirkabel atau infrastruktur serat optik sambungan link ke situs mereka. MAN dioptimalkan untuk wilayah geografis yang lebih besar dari LAN, mulai dari beberapa blok bangunan hingga seluruh kota tidak menutup kemungkinan digunakan oleh banyak individu sebagai sarana umum.

Topologi Bus (Linear)

   Topologi bus menggunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan. Topologi ini sering kali di jumpai pada sistem client atau server, di mana salah satu mesin pada jaringan tersebut di fungsikan sebagai file server. Hal ini berarti bahwa mesin tersebut di khususkan hanya untuk pendistribusian data dan biasanya tidak digunakan untuk pemrosesan informasi. Topologi ini juga sering di gunakan pada jaringan dengan basis fiber optic, yang kemudian di gabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.


            Instalasi jaringan bus sangat sederhana, dan maksimal terdiri atas 5 – 7 komputer. kesulitan yang sering di hadapi adalah kemungkinan terjadi nya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.

            Keunggulan topologi bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat di lakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Selain itu, ada keuntungan lain dari topologi bus ini, yaitu hemat kabel karena hanya memiliki satu jalur utama. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kebal pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan. Selain itu, kepadatan pengiriman data akan menghambat kecepatan akses.

Topologi Ring

 Topologi ring merupakan topologi pengembangan dari jaringan bus, di mana semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk satu pola lingkaran atau cincin. Berbeda dengan topologi bus, jaringan cincin tidak mengenal komputer pertama atau awal dan komputer terakhir. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data secara jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum secara bersamaan.



            Topologi ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain :
  1. Hemat kabel, dan
  2. Tidak terjadi tabrakan pengiriman data, seperti pengiriman data pada topologi bus karena data hanya akan dikirim oleh satu node pada saat yang bersamaan.

            Kerugian topologi ring, antara lain :
  1. Pengembangan jaringan kaku, dan
  2. Setiap node yang terdapat dalam jaringan akan ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan pada suatu node maka keseluruhan jaringan akan terganggu.

Toolbar

Toolbar adalah baris yang memuat sekumpulan ikon yang berisi perintah perintah microsoft word , biasanya terletak di bawah menu bar .
1.New : membuat dokumen baru
2.Open : membuka dokumen yg sudah di simpan
3.Save : menyimpan dokumen
4.E-mail : mengirim dokumen melalui e-mail
5.Print : mencetak dokumen
6.Print Preview : melihat hasil cetakan pada layar monitor
7.Spelling and Grammar : memeriksa ejaan dan tata bahasa
8.Cut : memindahkan data kedalam clipboard
9.Copy : menyalin data
10.Undo : membatalkan perintah
11.Redo : membatalkan perintah undo
12.Tables and Borders : menampilkan toolbar tables and border
13.Insert Table : menyisipkan table
14.Columns : membuat dokumen dalam bentuk kolom
15.Zoom : memperbesar atau memperkecil tampilan dokumen
16.Help : bantuan tentang hal hal yang ada pada microsoft word

Menu Bar
Menu Bar adalah barisan yang memuat sekumpulan menu berupa tulisan , yaitu file,edit,view,insert,format,table,window,Tools dan help
File : berisi perintah-perintah untuk pengerjaan yang berhubungan dengan dokumen atau lembar kerja , seperti menutup,menyimpan,mencetak,membuat dokumen baru dan lain-lain
Edit : menu edit berisi perintah perintah yg digunakan untuk mengkopi,membatalkan perintah,mencari kata
View : berisi perintah perintah untuk menampilkan dan mengelola berbagai toolbar dan tampil lainnya dalam microsoft word , menampilkan ruler,membesarkan atau mengecilkan lembar kerja dll
Insert : berisi perintah perintah untuk berbagai proses penyisipan dokumen , no halaman,gambar,diagram,grafik,simbol dll
Format : berisi perintah perintah untuk berbagai pengformatan seperti membesarkan huruf,mengecilkan,menebalkan dll
Table : berisi perintah perintah untuk menyisipkan table,menghapus tabel dll
Window : berfungsi mengatur tampilan berbagai dokumen yang sedang akif
Tools : menyediakan alat alat tools untuk mengolah microsoft word
Help : disediakan sebagai alat alternatif lain bagi para pengguna yang ingin memperoleh bantuan


Title Bar 
Title Bar adalah baris judul yang digunakan untuk menampilkan file yang aktif . Pada pojok kanan atas terdapat minimize,maximize,restore,close 
Minimize : digunakan untuk menampilkan jendela microsoft word ke ukuran minimal
Maximize : digunakan untuk menampilkan jendela microsoft word ke ukuram maksimal
Restore : digunakan untuk menampilkan ukuran jendela microsoft word yang dapat diukur panjang lebarnya sesuai dengan keinginan kita
Close : digunakan untuk keluar dari microsoft word

Microsoft Word terdiri dari :
1.Title Bar  
2.Menu Bar 
3.Tool Bar
4.Ruler
5.Scrool Bar
6.Status Bar
7.Kursor