Minggu, 27 Februari 2011

Sistem Operasi



DOS – Disk Operating System, sistem operasi yang berbasis CLI (command line interface) dan bersifat single user.
UNIX – dikembangkan oleh 4 orang ahli di laboratorium Bell Amerika serikat. Awalnya berbasis CLI, namun sudah bersifat multi user. Kelebihannya adalah stabil, dan memiliki tingkat keamanan data yang baik. Kelemahannya, hanya bisa digunakan oleh komputer mainframe.
Windows – software buatan Microsoft corporation milik Bill Gates. Sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) ini awalnya masih bersifat single user, namun sekarang sudah multiuser, dengan sistem keamanan yang cukup baik. Sangat populer, namun karena berlisensi komersil maka banyak dibajak oleh pengguna komputer.
Linux – sistem operasi turunan dari UNIX. Program inti dibuat/diprakarsai oleh Linus Benedict Torvalds, mahasiswa Universitas Finlandia tahun 1990-an. Linux merupakan UNIX yang dapat bekerja pada komputer pribadi, bahkan komputer mainframe. Bersifat Open source Karena dikembangkan oleh komunitas programer di banyak penjuru dunia.
Solaris – sistem operasi buatan SUN Microsystem.
Symbian - sistem operasi yang banyak digunakan pada telepon genggam.

Sekedar wawasan:
CLI berarti setiap perintah dan data harus dituliskan menggunakan keyboard.
GUI berarti data dan perintah dapat dimasukkan melalui tampilan grafis / gambar.
Single user berarti pengguna komputer dianggap satu orang karena tidak ada nama pengguna yang terdaftar pada komputer.
Multi user berarti pada komputer sudah terdaftar nama-nama pemakai berikut kata sandinya. Hal ini untuk menjamin kemanan data.
Lisensi komersil / propitary ware, artinya untuk menggunakan sofware dengan lisensi tersebut harus membayar kepada pembuat.
Lisensi Shareware. Suatu softare ditawarkan secara gratis terbatas pada fitur-fitur tertentu atau jangka waktu pemakaian tertentu. Selebihnya harus membeli pada pihak pembuat.
Lisensi freeware. Suatu software boleh digunakan tanpa perlu membayar kepada pihak pembuat.
Open Source berarti kode program suatu software boleh diambil/diketahui oleh siapapun baik untuk kepentingan sendiri ataupun kelompok untuk diperbaiki atau disempurnakan, bahkan dijual, tanpa membayar lisensi kepada pihak pemakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar